Mengungkap Keberadaan Pegasus si Kuda Putih Bersayap

                Siapa yang tidak kenal Pegasus, kuda putih bersayap yang kini eksis di cerita-cerita fantasi. Pegasus adalah kuda yang terkenal dari kisahnya di cerita-cerita Yunani kuno, dan kini dipakai untuk menyebut semua jenis kuda terbang, kebanyakan orang mungkin akan menganggap bahwa Pegasus hanyalah makhluk yang ada didunia karangan saja, namun bagaimana jadinya jika dia benar-benar ada.
 
            Bertanya apakah pegasus itu nyata, sama saja seperti bertanya apakah bumi ini kotak, jawabanya sudah jelas dan tidak dapat diingkari. Namun Jika bertanya apakah pegasus itu ada, seperti bertanya apakah di Mars ada kehidupan, jawabanya sudah sangat berat berkata tidak, namun banyak keraguan lagi yang meyakinkan kita untuk berkata iya. Selalu ada pikiran fantasi yang menjadi misteri dunia ini, itu karena fantasi ada karena manusia menginginkanya, namun jangan lupakan juga bahwa tidak ada asap jika tidak ada api.


Pegasus adalah kuda jantan berwarna putih yang diceritakan dalam kisah Yunani kuno sebagai putra Posaidon dan Medusa, namanya berasal dari bahasa Yunani(Πήγασος; Pégasos) “pegai” yang berarti sumur/ mata air, atau “pihassas” yang berarti petir, atau juga dapat dihubungkan dengan “sesuatu yang bercahaya” dan gagasan tentang “melompat keluar”. Kebanyakan dari kalian yang mencari artikel ini pasti sudah tahu sajarah dan kisah Pegasus, namun bagi kalian yang belum tahu aku akan menceritakan sedikit pada kalian.

Kelahiran Pegasus 

             Dalam cerita Yunani kuno dikatakan bahwa Pegasus adalah putra fana Medusa dan Posaidon, dewa laut. Medusa kemudian dikutuk oleh Athena setelah diperkosa oleh Posaidon dikuilnya dan kemudian dikutuk menjadi Gorgon. Pegasus dan Chrysaor saudaranya diceritakan lahir dari darah Medusa, saat kepala Medusa dipenggal oleh Perseus.

            Sebuah versi yang lebih rinci dari mitos mengatakan bahwa dua dari mereka lahir ketika darah Medusa dicampur dengan busa laut. Mitos mengatakan bahwa Pegasus lahir sebagai kuda bersayap karena ayahnya Posaidon memiliki bentuk kuda ketika merayu Medusa. Ketika Pegasus lahir, sebuah guntur besar dengan kilat menembus langit, sehingga inilah yang dijadikan dasar hubungan antara Pegasus dan langit. 

   
Tapi versi yang paling umum dari mitos tentang Pegasus mengatakan bahwa dewi Athena menjinakkan kuda bersayap dan memberinya ke Perseus, yang kemudian dibutuhkan untuk terbang jauh untuk membantu Andromeda kekasihnya.
Kemudian ada Versi lagi yang mengatakan Pegasus, adalah putra Posaidon dan Gorgon Medusa. Medusa sendiri adalah pencipta kuda, ia membuat kuda dari gulungan ombak ketika ditantang untuk membuat hewan darat terindah. Pegasus merupakan kuda putih yang paling terkenal. Pegasus adalah saudara Chrisaor yang diceritakan berukuran raksasa dan memiliki julukan “pedang emas”. Kemudian kedua bersaudara ini lahir bersamaan ketika ibu mereka dipenggal oleh Perseus.
Sedangkan jika kalian pernah menonton film Hercules karya Disney, yang menceritakan bahwa Pegasus diciptakan Zeus dari awan untuk mendampingi Hercules, itu hanyalah karangan mereka untuk menambah tokoh satir dicerita mereka. Dan mungkin juga untuk menambah efek fantasi di mata anak-anak, dan memang kehadiran Pegasus ini memang sangat berhasil membuat kita saat kecil berimajinasi tentang sosok kuda terbang ini.

Pegasus dan para pahlawan Yunani
Pegasus kemudian hidup menjadi kuda yang yatim piatu, kemudian dia dibesarkan oleh para Muses, dewi seni di Gunung Helicon, di mana dia dibawa oleh dewi Athena. Pernah suatu hari Pegasus terbang ke Gunung Helicon, tempat tinggal dewi-dewi muses, pada tempat ia menjejakkan kaki muncullah mata air yang kemudian dinamai Hipocrene, the horse’s spring atau musim semi kuda. Poseidon memerintahkan gunung tersebut agar tidak membengkak dengan nyanyian Muses. Kemudian mata air itu menjadi mata air inspirasi untuk para Muses yang mencintai kuda terbang. Salah satu dari mereka bernama Urania, seorang Muse Astronomi dan Cinta, dia sangat mencintai Pegasus, dia dapat melihat masa depan yang heroik untuk Pegasus serta beberapa kehormatan langit yang sedang menunggunya.
Ketika Bellerophon seorang pahlawan Yunani, yang diutus Raja Lycia untuk membasmi monster Chimaera, sedang bermalam dikuil Athena. Sang dewi datang dalam mimpinya dan memberikannya tali kekang emas serta menunjukkan keberadaan Pegasus. Pegasus yang sedang minum dengan tenang di mata air berhasil tertangkap dan dijinakan oleh Bellerophon dan dijadikanya tunggangan dalam membunuh monster Chimaera. Urania yang mengetahui bahwa Pegasus tertangkap menjadi sangat sedih, namun dia tahu bahwa perjalanan Pegasus yang penuh petualangan baru saja akan dimulai.
Pegasus mengizinkan Bellerophon menunggangnya dalam upaya Bellerophon mengalahkan monster Chimaera, sebelum kemudian mereka melakukan banyak petualangan lainnya. Dia juga bersama Bellerophon berpetualang bersama Perseus dalam upaya mereka mengalahkan Chimaera dan Amazones.
Setelah tugasnya selesai, Bellerophon berambisi terbang ke puncak Olympus, tempat tinggal dewa-dewa. Zeus, raja para dewa, menjadi murka dan mengutus serangga menyengat Pegasus. Bellerophon jatuh, dan nyawanya berhasil diselamatkan Athena, namun ia menjadi buta. Sisa hidupnya dihabiskan sebagai pengembara yang dibenci dewa maupun manusia. Ia tak pernah lagi bertemu dengan Pegasus.
Sementara itu Pegasus berhasil mencapai Olympus. Ia kemudian tinggal di gunung Olympus dan ditugaskan Zeus untuk membawakannya petir. Ia juga ditugaskan sebagai tunggangan dewi fajar, yang bernama Eos.
           Pegasus kemudian menikah dengan Euippe dan memiliki anak sehingga sejak itulah muncul kuda-kuda terbang lainya. Pegasus bukanlah makhluk yang abadi, namun Zeus menghormati pelayanan yang telah diberikan Pegasus, sehingga dia menempatkan Pegasus diantara rasi bintang.
            Em... seru juga yah ceritanya, jika membaca cerita diatas kita mungkin akan berpikir bahwa memang benar bahwa awal mula legenda Pegasus adalah memang berasal dari Yunani, namun bagaiman jika sebenarnya cerita kuda bersayap sebenarnya sudah ada sebelum kisah Yunani kuno, yaitu di Mesir.
         Suatu hari aku pernah membaca sebuah blog yang mengatakan bahwa “Konsep kuda bersayap mungkin berasal dari mitologi Mesir dan dengan demikian mendahului mitos Yunani, meskipun pegasi (bentuk jamak pegasus) dipandang tetap unik dari Yunani.” Dikutip dari http://www.amazine.co/24601/mitologi-yunani-peran-kisah-kuda-terbang-pegasus/, jujur saja sebenarnya aku juga penasaran, sayangnya saat aku mancari digoogle, aku agak kesulitan untuk menemukanya, sehingga aku harap mungkin kalian bisa membantuku. Selain itu Pegasus juga ternyata eksis di beberapa kebudayaan yaitu Romawi dan Mesopotamia. Tapi aku juga menemukan informasi yang tidak kalah menariknya yaitu tentang kuda Sembrani, dari Nusantara.


            Kuda Sembrani adalah hewan mitologi yang diambil dari cerita legenda masyarakat Nusantara yang menggambarkan seekor kuda bersayap yang dapat terbang dan sangat berani. Dalam cerita pewayangan kuda Sembrani adalah kuda tunggangan Batara Wisnu. Sementara menurut hikayat rakyat Jawa, Sembrani merupakan alat transportasi bagi raja, ratu dan senopati yang konon menurut cerita bila bepergian selalu menggunakan kuda Sembrani agar dapat dengan mudah dan cepat sampai ketujuan.
            Mungkin kita berpikir bahwa kuda Sembrani adalah hewan mitologi yang penduduk kita ambil dari budaya Yunani berupa Pegasus, Namun meskipun mereka berdua bersayap, kuda Sembrani tidak memiliki konotasi dari mitologi Yunani. Sebuah padanan yang lebih tepat untuk Kuda Sembrani mungkin adalah Kuda Terbang atau Kuda Mistik.
            Jika kalian seorang muslim, mungkin kalian pernah mendengar nama Buroq. Ya!, dia adalah hewan yang diceritakan al-Qur’an sebagai kuda tunggangan nabi untuk melakukan Isra Mi’raj. Diceritakan bahwa Buroq adalah kuda yang memiliki kedua sayap dipinggangnya.
            Dikutip dari Wikipedia:
            Al-Buraq (bahasa Arab: البراق al-Buraq "petir") adalah kuda mitologis, digambarkan sebagai makhluk dari langit yang dibawa para nabi. Kisah yang paling sering dikatakan bagaimana di abad ke-7, yang membawa Buraq Muhammad nabi Islam dari Mekah ke Yerusalem dan kembali selama Isra dan Mi'raj atau "Night Journey", yang merupakan judul salah satu bab (Surah) , Al-Isra, dari Al-Quran.
            Dari kutipan diatas kita dapat mengetahui satu hal yang sama dengan Pegasus, yaitu dalam cara pemberian nama Buraq sendiri. Buroq dalam bahasa Arab diartikan sebagai “Petir”, lalu apa persamaanya dengan Pegasus?, ternyata pemberian nama Pegasus sendiri sebenarnya kemungkinan besar berasal dari bahasa Luvian, “Pihassas yang berarti "Petir".
            Waw, menarik sekali bukan?. Lalu sebenarnya bagaimanasih bentuk Buraq sendiri?. Ada sebuah kutipan dari hadis Sahih Al-Bukhari yang menceritakan tentang Buraq.
 
            Aku dibawa oleh Buraq, yang merupakan hewan putih dan panjang, lebih besar dari keledai tetapi lebih kecil dari bagal, yang akan menempatkan kuku nya pada jarak yang sama dengan berbagai visi.
            Em... kalau itu hadis kemungkinan besar memang benar adanya. Lalu peristiwa isra mi’raj pun sudah disebutkan Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 1, dan kita sama sekali tidak boleh meragukanya, karena Qur’an sendiri sudah memperingatkan kita untuk todak ragu lagi setelah membaca Al-Qur’an yaitu dalam surat Al-Baqarah ayat 2. Lalu bagaimana sebenarnya bentuk Buraq, apa dia memang benar sama dengan Pegasus?. Disebuah sumber lain disebutkan secara ditail tentang Buraq.
            Lalu dia [Jibril] membawa Buraq, berwajah tampan dan dikekang, binatang, tinggi putih, lebih besar dari keledai tetapi lebih kecil dari bagal. Dia bisa tempat kuku-kuku di batas terjauh pandangannya. Dia punya telinga panjang. Setiap kali ia menghadapi gunung kaki belakangnya akan memperluas, dan setiap kali ia pergi menurun kaki depannya akan memperpanjang. Dia memiliki dua sayap di pahanya yang dipinjamkan kekuatan untuk kakinya.
            Kalau yang ini, aku tidak tahu seberapa kuat kebenaran hadisnya, jadi aku tidak berani menjamin kebenaranya. Apalagi sesuatu yang disebarkan lewat internet dan dari mulut kemulut belum tentu dapat kita telan bulat-bulat. 
Namun ada sebuah foto tentang lukisan Buraq, dilukisan itu diperlihatkan bahwa Buraq memiliki badan kuda, berwajah seorang wanita cantik, bersayap dan berekor seperti merak. Difoto tersebut kita mungkin tidak bisa percaya dengan kebenaranya, karena jujur saja lukisan tersebut memang menyeramkan.

Em, aku rasa lukisan pertama dari timur tengah karena ada beberapa tulisan seperti tulisan Arab. Sedangkan yang kedua aku rasa dari India, jika kita melihat bentuk mahkota dan bulu merak yang ada diatas burag tersebut


 


Namun kemudian ada sebuah gambar digital yang menurut saya memang benar menggambarkan Buraq, dengan kepala wanita itu yang diganti dengan kepala kuda, dan kakinya yang berahaya.


 


Bagaimanapun, jika kita menyatukan antara dunia Fantasi, dunia Nyata, dan dunia Gaib kita hanya akan menemukan sesuatu yang memusingkan dan tanpa ujung, jadi kurasa pembahasan kita mengenai Buraq kita sudahi saja.
Lalu, jadi sebenarnya Pegasus itu benar-benar ada atau tidak!
Jika ditanya seperti itu aku akan jawab ADA!!!, Karena menutrutku tuhan pasti memang pernah menciptakan kuda dengan sayap, apasih yang tidak bisa dilakukan oleh tuhan?, namun kurasa mereka tidak diciptakan untuk eksis didunia kita, karena mereka munking diciptakan untuk hal yang lebih penting.
 

Tapi Mr. Oz kok beda penempatan sayapnya?
Hm, bukankah sudah kubilang diatas kalau informasi yang kita dapat dari mulut kemulut belum tentu kita dapat percaya?. Menurut kalian kenapa aku menulis tentang Pegasus?, itu karena menurutku jika dibandingkan dengan makhluk mitologi yang lain di dalam cerita Yunani kuno, Pegasus memiliki perbedaan yang sangat besar. Hm apa yah?, itu karena makhluk mitologi yang lain diceritakan sebagai monster atau ujian yang harus dikalahkan oleh para Pahlawan Yunani, sedangkan Pegasus diceritakan sebagai salah satu tokoh pahlawan dicerita itu. 

Jika ceritanya seperti itu bagaimana menurut kalian?, kalau menurutku kemungkinan besar sebenarnya Pegasus bukanlah tokoh asli yang dikarang oleh penulis Yunani kuno, seperti kutipan diatas yang menyebutkan kalau sebenarnya legenda kuda terbang terlebih dulu ada di Mesir, bisa saja pengarang legenda Yunani kuno pernah mendengar legenda Pegasus dari negara lain sebut saja daerah yang memakai bahasa asing Luvian itu sendiri.

Ini analisisku oke, jangan dianggap serius
Pada saat Cerita Pegasus sampai ditelinga pengarang cerita Yunani, sang pengarangpun berambisi untuk membuat asal usul bagaimana Pegasus bisa ada didunia ini, lalu diapun membuatlah cerita Pegasus ini, dan inilah alasan kenapa dia menceritakan bahwa Pegasus pada akhirnya berkembang biak dan menghasilkan keturunan kuda terbang. Jika dibandingkan dengan monster yang lain, kebanyakan monster disana diceritaka pada akhirnya mati atau kalah ditangan para pahlawan. Menurutku sih dia mencoba menunjukan bahwa dia tidak berbohong soal keberadaan monster-monster itu pada jamanya, karena monster-monster itu memang ada, namun sudah mati ditangan para pahlawan, sehingga mereka tidak eksis lagi dijaman sekarang. 

Lalu ada motif lain kenapa dia membuat asal usul Pegasus, mungkin saja dia ingin membuat agar Pegasus disembah oleh rakyatnya, dimana diceritakan disana  Pegasus pada akhirnya menghabiskan hari-harinya di Olympus dan menjadi salah satu dewa, karena aku pernah membaca sebuah artikel yang mengatakanKuda terbang merupakan salah satu jenis hewan yang di anggap membawa kebajikan dan kemaslahatan,hewan ini sangat diyakini turun temurun adalah sperti dewa penolong bahkan serig disebut malaikat penolong.hmmmm dikutip dari http://mbahdaur.blogspot.com/ , mungkin kalau kalau ada seseorang yang melihat Pegasus. Lagi pula dijaman dahulu aku rasa memang sedang gencar-gencarnya orang-orang membuat sebuah berhala.

Lalu jika memang benar bahwa cerita kuda terbang itu bukan dari Yunani, maka kemungkinan besar cerita kuda terbang itu diceritakan dari mulut kemulut. Dan disinilah masalahnya, karena sebuah informasi dari mulut kemulut sering sekali menghasilkan informasi yang salah, dan ini juga yang kadang sering membuat sejarah menjadi terasa janggal, dan menjadi misteri. Dimana informasi seperti itu sangat mudah berubah oleh logika dan keuntungan salah satu pihak. Contohnya saja menurut kalian kenapa sejarah kelahiran Pegasus ada berbagai versi, aku ambil saja yang paling berbeda.

“Tapi versi yang paling umum dari mitos tentang Pegasus mengatakan bahwa dewi Athena menjinakkan kuda bersayap dan memberinya ke Perseus, yang kemudian dibutuhkan untuk terbang jauh untuk membantu Andromeda kekasihnya.”

Dibanding dengan yang lain ini sangat berbeda, jika yang lain menceritakan bahwa Athena sangat jahat dengan mengutuk Medusa menjadi gorgon dan kemudian pada akhirnya Medusa dibunuh oleh Perseus dengan bantuan Athena. Dalam versi ini Athena diceritakan sangat baik dengan membantu Perseus menyelamatkan Andromeda, bukankah jika kita analisis si penulis ini ingin membuat agar orang-orang tidak membenci Athena dan tetap menyembah Athena, inilah yang aku sebut umtuk menguntungkan salah satu pihak. Lalu ada satu lagi yaitu.

“Kemudian ada Versi lagi yang mengatakan, Pegasus adalah putra Posaidon dan Gorgon Medusa. Medusa sendiri adalah pencipta kuda, ia membuat kuda dari gulungan ombak ketika ditantang untuk membuat hewan darat terindah. Pegasus merupakan kuda putih yang paling terkenal. Pegasus adalah saudara Chrisaor yang diceritakan berukuran raksasa dan memiliki julukan “pedang emas”. Kemudian kedua bersaudara ini lahir bersamaan ketika ibu mereka dipenggal oleh Perseus.”

Dalam kutipan diatas dikatakan bahwa Perseus dan Chrisaor lahir bersamaan saat ibu mereka dipenggal, sedangkan versi lain mengatakan bahwa mereka berdua lahir dari tetesan darah medusa. Disinilah penulis memasukan logikanya dalam cerita ini, karena logikanya berpikir bahwa dari darah tidak mungkin lahir seekor makhluk hidup, namun mungkin saja sebenarnya mereka berdua lahir bertepatan saat ibu mereka dipenggal. Itulah maksudku dengan logika, jadi kurasa dalam cerita Pegasus kali ini mungkin saja pada awalnya dikatakan bahwa kuda terbang bersayap di pinggang, namun karena berbagai keraguan diantara orang-orang dimana tidak mungkin untuk terbang jika sayap ada dipinggang, jadi mereka berpikir bahwa yang masuk akal adalah jika sayap si kuda ada di belakang pundaknya. Mungkin ini juga kurasa terpengaruh oleh cerita Dragon, dimana Dragon memiliki sayap dibelakang pundaknya. 


Ada sebuah video yang tersebar diinternet yang memperlihatakan tentang pasukan kuda terbang yang menghancurkan rudal-rudal Israel di Palestina. Entah seberapa besar kebenaran Video itu, namun aku rasa Video itu memang benar adanya.

 

Artikel Terkait: 
-Misteri Buroq
-Fakta dan legenda Pegasus
-Asal-usul legenda kuda bersayap
-Terkuak kebenaran tentang Pegasus
-Kebenaran Pegasus
-Apakah buraq benar-benar ada
-Apakah pegasus benar-benar ada

Sumber Referensi:
-http://akudanmitologi.blogspot.com/2010/08/buraq.html
-http://id.wikipedia.org/wiki/Pegasus
-http://id.wikipedia.org/wiki/Kuda_Sembrani
-http://makhluk-legendaris.blogspot.com/2012/08/pegasus.html
-http://safwanruslan.blogspot.com/2014/05/legenda-pegasus-kuda-bersayap.html
-http://www.amazine.co/24601/mitologi-yunani-peran-kisah-kuda-terbang-pegasus/


Share on Google Plus

About Hush Hush

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

17 comments:

  1. Legenda Kuda bersayap juga terdapat dalam mitologi India

    ReplyDelete
  2. Her post is very interesting and very nice .. mungkin can also visit my post
    agen togel online | agen togel terpercaya | agen togel singapore

    ReplyDelete
  3. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete
  4. D8E23B5Cbutuh b.o aman? diskon besar ? terpercaya? deposit murah?
    disini aja bos !

    PREDIKSI AKURAT JP 4X SEMINGGU !(RANDOM 4D 3D 2D)
    " togelpelangi.com "

    kenapa harus togel pelangi?
    ya karena togel pelangi memberikan ;

    - Diskon pemasangan besar
    - Deposit murah = 20.000 / wd ; 50.000
    - CS 24 jam
    - Prediksi terakurat dan lengkap
    - Berapapun jumlah kemenangan dibayar
    - Online Game Betting toto fair 100%
    - Jackpot Besar (Lansung diundi, Syarat cuma betting seperti biasa)

    Sudah ada 10juta member dan bandar darat yang main di togel pelangi
    hasilnya ?
    Puas dengan pelayanan super cepat (Fast respon)
    aman dan nyaman

    yang ga bisa main
    jadi jago JP terus ,

    Nah kamu kapan lagi bos :D

    info kontak :
    D8E23B5C ( BBM )

    togelpelangi (LINE )

    +85581569708 ( WhatApps )

    togelpelangi (WeChat )

    LIVE CHAT 24 JAM ( http://www.togelpelangi.com/ )

    Daftar : http://www.togelpelangi.com/daftar

    Promo Jackpot ( HOTTT ) : http://www.togelpelangi.com/promo

    Become a smart Player in Online Gaming (y)

    ReplyDelete
  5. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/wisata-alam-di-hong-kong-cakep-juga.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/aku-diangkat-menjadi-pegawai-tetap.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/riska-gadis-sma.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete
  6. Mantap! Aku mah paling percaya ma buroq, tapi aku cuman tau pegasus tu anaknya Poseidon ma Medusa. Tapi arigatou ne!

    ReplyDelete
  7. mahluk pegasus apakah memang pernah ada?

    ReplyDelete
  8. 🔱WAKANDATOTO🔱
    ♠ BANDAR TOGEL TERPERCAYA DAN AMAN 💯♠
    JP BERAPAPUN DI BAYAR
    ♠BO BONAFIT♠

    🔜Di Lengkapi Aplikasi BBFS 7 DIGIT🆗
    🔜Diskon Pembelian Terbesar
    ➖2D 29%
    ➖3D 59%
    ➖4D 65%

    ➖ MINIMAL BET 100
    ➖ Minimal DEPO : 10.000
    ➖ Minimal WD : 50.000
    ➖ Minimal Betting : 100 / line
    ➖ Line Invest : 50 Line
    ➖ Bonus Referral 2% (Seumur Hidup )
    ➖ CashBack / Minggu
    ➖ BBFS 7 DIGIT

    ✳ HADIAH ✳
    4D di X 3.000✔
    3D di X 400✔
    2D di X 70✔

    https://www.facebook.com/groups/659390757776446/
    PIN BBM : WAKATOTO
    Whatsapp: +855 96 250 8220
    Line : WAKANDATOTO

    bandar togel

    Wakanda Prediksi

    Link Alternatif Wakandatoto

    Togel Pasaran Makati

    ReplyDelete
  9. 🔱Vega88Bet🔱
    ♠ BANDAR TOGEL/DINGDONG/POKER TERLENGKAP DAN AMAN 💯♠
    JP BERAPAPUN DI BAYAR
    ♠BO BONAFIT♠

    ➖ Minimal DEPO : 10.000
    ➖ Minimal WD : 50.000
    ➖ Minimal Betting : 1000 / line
    ➖ Line Invest : Tanpa Batasan Line
    ➖ Bonus Referral 2% (Seumur Hidup )
    ➖ CashBack / Minggu
    ➖ BBFS 9 DIGIT
    ➖ Bonus New member 10% Vega88Bet :
    ➖ Bonus 5% Next Deposit
    ➖ BONUS ROLLINGAN 0.5% MINGGUAN CARD GAMES
    ➖ BONUS ROLLINGAN 0.5% MINGGUAN DINGDONG

    FB : https://www.facebook.com/groups/333340310908672/
    WA : +6287737183678

    Bandar Live Dingdong Teraman

    game Dindong Terbaik

    Dingdong Online Seru dan nyaman

    Agen Dingdong uang asli

    ReplyDelete
  10. AGEN JUDI SLOT | SITUS JUDI SLOT | LIVE CASINO GAMES ONLINE

    Bandar Judi Online Terpercaya Dan Situs Slot Online Terbesar Di ASIA
    vegasplay99 adalah situs web judi online slot, casino, idn poker deposit pulsa telkomsel, xl,tanpa potongan dengan minimal deposit 10.000 Ribu.

    situs judi slot

    slot deposit pulsa

    judi deposit pulsa

    Deposit pulsa tanpa potongan

    situs joker deposit pulsa

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com